Kamis, 17 Maret 2011

Mesjid Biru di Istambul

Ditulis oleh: Elien Becket
Kategori :

Istanbul - Breathtaking! Mungkin itu kata yang tepat untuk menggambarkan keindahan interior Masjid Sultan Ahmed. Masjid ini terletak di Istanbul, Turki. Asha Gill, pembawa acara Lonely Planet Six Degree di Discovery Channel berkomentar spontan "This is insanely beautiful!" dalam salah satu episode acara itu, ketika ia berkunjung ke dalam masjid tersebut.

Arsitek interior masjid dihiasi lebih dari 20.000 handmade keramik dengan lebih dari 50 desain yang berbeda. Keramik ini berasal dari Iznik, daerah penghasil keramik kelas satu di Turki. Keramik ini didominasi warna biru, sehingga masjid ini mendapat julukan Blue Mosque.

Terdapat pilar-pilar marmer dan lebih dari 200 jendela kaca patri dengan berbagai desain yang memancarkan cahaya dari luar dengan dibantu chandeliers. Dalam chandeliers diletakkan telur burung unta untuk mencegah laba-laba membuat sarang di situ. Dekorasi lainnya adalah kaligrafi ayat-ayat Al-Qur’an yang sebagian besar dibuat oleh Seyyid Kasim Gubari, salah satu kaligrafer terbaik pada masa itu.

Elemen penting dalam masjid ini adalah mihrab yang terbuat dari marmer yang dipahat dengan hiasan stalaktit dan panel incritive dobel di atasnya. Tembok di sekitarnya dipenuhi dengan keramik. Masjid ini di desain agar dalam kondisi yang paling penuh sekalipun, semua yang ada di masjid tetap dapat melihat dan mendengar Imam.

Yang menarik, sebuah rantai besi yang berat dipasang di atas pintu gerbang masjid sebelah barat. Di masa lalu, hanya Sultan yang boleh memasuki halaman masjid dengan mengendarai kuda, dan rantai ini dipasang agar Sultan menundukkan kepalanya saat melintas masuk agar tidak terantuk rantai tersebut. Ini dimaksudkan sebagai simbol kerendahan hati penguasa di hadapan kekuasaan Ilahi. Sumber detik.com
100out of 100 based on 9899870 ratings. 1 user reviews.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul Mesjid Biru di Istambul. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URLhttp://tipstuips.blogspot.com/2011/03/mesjid-biru-di-istambul.html. Terima kasih!
Diberdayakan oleh Blogger.