Senin, 23 Januari 2012

Bisnis Online, Bisnis Murah yang tidak murahan

Ditulis oleh: Elien Becket
Kategori :

Bisnis Online - Mendengar kata bisnis online banyak yang langsung memikirkan penipuan, susah, bisnis tidak jelas. dan masih banyak lagi. Saya sebagai orang biologi yang hanya memiliki hobby dunia komputer dan internet juga telah merasakan ayiknya menjalankan bisnis online.  Saya memulai bisnis online sejak 1 tahun terakhir, tetapi saya baru benar-benar fokus berbisnis online sekitar 6 bulan terakhir.

Ada banyak metode berbisnis Online, sebagian besar pebisnis online mengandalkan blog pribadinya untuk melakukan bisnis online, baik itu binis online luar negeri dan di dalam negeri. Jika anda kebingungan mengenai blog, gimana cara membuatnya, berapa biayanya dan bagaimana cara mendapatkan uang dari blog silahkan bergabung saja di sekolah blog . Di sekolah blog yang bertempat di kota makassar kita akan diajarkan seluruh hal mengenai Bisnis Online.
Berikut ini saya jelaskan pengalaman saya mengenal bisnis Online
Saya memulai berbisnis online dengan bermodalkan sebuah blog sederhana yang dibuat sendiri secara otodidak dengan bantuan paman google. Awalnya saya berbisnis online hanya mengandalkan sistem PPC (pay per klick). Walaupun mendapatkan penghasilan kecil tapi lumayan juga untuk sekedar membeli tahu untuk makan sehari-hari mahasiswa.
Hari-hari berlalu saya lalui dengan terus belajar mengenai cara mendapatkan uang melalui bisnis online. Segala hal saya pelajari, jatuh bangun dan kehilangan semangat selalu saya dapatkan. Tapi itu semua tidak menjadi beban sebab bermaian-main di internet memanglah hobiku. Sampai akhirnya saya mengikuti event blogilicious yang diadakan oleh Idblognetwork, dari sini saya mendapatkan 1 lagi jenis bisnis online, yaitu Job review dan Pay per Tweet. Dengan blog kita yang memiliki nilai konten yang berkualitas maka kemungkinan blog kita akan dilirik oleh pengiklan untuk mereview sebuah produk milik mereka. Untuk jasa menuliskan review suatu produk kita akan dibayar dengan harga yang lumayang tinggi berkisar Rp. 500.000 - Rp 5 5.000.000. Lumayan kan untuk traktir pacar atau teman-teman. hehe
Dari event blogilicious tersebut saya juga belajar mengenai Pay per tweet. Kita yag memiliki akun twiter yang cukup populer karena memiliki banyak follower akan dibayar untuk mentweet sesuatu. Bayarannya sekitar Rp. 150.000-300.000 tapi untuk job seperti ini agak sulit di dapatkan.
Masih di event blogilicious yang kebetulan dilaksanakan di kota makassar tepatnya di kampus UNHAS makassar tahun 2011. Di akhir acara saya beruntung bisa mencicipi penghasilan dari Layanan job review senilai 1 juta rupiah. Hal ini membuat saya menjadi semakin semangat dan semakin yakin menuju bisnis online yang tidak murahan.
IBN
Selang beberapa bulan setelah event blogilicious di makassar, saya kembali mendapatkan kesempatan untuk menghadiri event blogger nusantara di sidoarjo jawa timur. Dari sini saya bertemu banyak sekali  blogger yang turut berkecimpung dalam dunia bisnis online, sayangnya karena keterbatasan waktu yang cuman 3 hari bisa bertemu dengan mereka membuat saya tidak bisa belajar banyak mengenai bisnis online.
Puncak dari pencarian saya adalah ketika saya menjalankan suatu model bisnis yang ditawari oleh IDblogetwork yaitu PPA. Dengan model ini kita akan dibayar ketika kita memasangkan iklan para penjual di situs Berniaga.com setiap iklan yang di approve akan dibayar Rp 3.500. angka yang lumayan besar. sebab dalam sehari saya mampu memasangkan iklan barang seseorang sampai 50 buah. Saya dengan semangat menjalankan bisnis ini. Saya berhasil mengajak kerjasama beberapa toko untuk dipasangkan iklan di website berniaga.com . Dalam kerjasama ini kedua belah pihak ini sama-sama diuntungkan sebab diantara mereka rupanya banyak yang dihubungi oleh para pembeli dan akhirnya barang dagangan mereka pun laris.

Saya sangat senang dengan bisnis ini, tetapi jika saya berpikir kedepan, sepertinya saya mesti kerja sangat keras agar bisnis ini tetap hidup. Dan tidak menutup kemungkinan akan habis toko yang saya ajak kerjasama. Saya mulai berpikir keras untuk mengembangkan bisnis serupa dengan cara online yang lebih mudah.
Beberapa hari kemudian pertanyaan saya terjawab dengan diadakannya suatu kegiatan tudang sipulang oleh komunitas blogger makassar angingmamiri.org yang bertemakan usaha mandiri. Dari sini say mendapatkan inspirasi yang luar biasa. Diantara 25 orang yang hadir ternyata lebih dari 50% diantara mereka berbisnis online dan memiliki toko online yang dikelola sendiri.
Dari hasil diskusi waktu itu saya dapatkan toko online tidak jauh berbeda dengan toko offline di dunia nyata. Cara kerja toko online adalah pertama-tama kita harus memiliki suatu barang yang akan kita jual melalui blog/website buatan kita. Cara membuat wesite atau toko online dapat kita pelajari di sekolah blog dimana melalui blog / website ini calon pembeli dapat melakukan transaksi secara online. Waktu itu toko online buatan teman-teman yang hadir di acara tudang sipulang tersebut cukup beragam, ada yang menjual pakaian, tas. dll.  Rata-rata mereka membeli barang dalam jumlah banyakkemudian dijual. Modalnya pun beragam mulai dari 5-10 juta. lebih murah dibandingkan membuat toko offline.
Saya sendiri belum memiliki barang sendiri untuk diperjual belikan, saya pun mendapatkan inspirasi  untuk mengajak kerjasama para pedagang yang pernah saya ajak kerjasama. Salah satunya adalah penjual helm, saya ingin membuat toko online yang menjajakan helm. Sebab sepertinya toko helm online belum ada.Semoga dengan adanya sekolah blog di kota makassar dapat membantu saya untuk mewujudkan bisnis online saya.
Keuntungan Bisnis Online
Menurut pengakuan para narasumber di acara tudang sipulung di kafe igo kota makassar. Bisnis online memiliki banyak sekali kelebihan dibandingkan tokooffline. yaitu sebagai berikut :
1. Biaya yang lebih murah.
       Dengan berbisnis online kita hanya membutuhkan 500 rupiah perhari untuk biaya membuat toko online. yakni untuk membeli domain dan hostingan toko online kita. Beda sekali dengan kalau kita berjualan secara offline, dimana untuk menyewa tokonya saja butuh dana minimal 5 jutaan.
2. Kebebasan Waktu
       Kalau bisnis offline, saat toko kita tertutup maka pembeli secara otomatis tidak ada, beda sekali dengan toko online yang tetap aktif 24 jam. Jadi saat kita jalan-jalan toko kita dibiarkan saja terbuka untuk didatangi pembeli.
3. Pengunjung dapat lebih banyak.
       Nyawa dari pebisnis atau penjual adalah pengunjung. Apabila kita jago teknik SEO maka kita dapat membuat pengunjung toko online kita menjadi berlipat ganda. Beda sekali dengan toko offline yang memang hanya mengandalkan pengunjung yang lewat saja. Cara mempelajari teknik SEO yang jitu dapat dipelajari di sekolah blog di kota makassar.

Tips Sukses Bisnis Online
Seperti biasa saya akan berbagi beberapa Tips. Berikut ini beberapa Tips sukses Bisnis Online yang dapat anda tiru.
1. Jaga kejujuran
       Dunia bisnis online saat ini sudah tercoreng dengan berbagai bentuk penipuan di Internet, oleh karena itu kita harus menjaga kejujuran dalam menjalankan Bisnis online agar kita mendapatkan kepercayaan dari para pelanggan setia kita.
2. Semangat Belajar dan berdoa.
        Apapun yang kita lakukan jika tidak diiringi dengan semangat untuk terus belajar dan berdoa, maka hasilnya pun akan sia-sia. Saya sendiri butuh waktu 1 tahun untuk benar-benar mengerti dengan bisnis online. Ada sekolah blog yang bisa menjadi alternatif untuk memulai bisnis Online.
Itulah beberapa pengalaman saya terkait bisnis online yang banyak dijalani orang, tetapi juga banyak tantangan terkait masalah penipuan yang marak tejadi. Semoga bermanfaat
100out of 100 based on 9899870 ratings. 1 user reviews.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Tips Bisnis dengan judul Bisnis Online, Bisnis Murah yang tidak murahan. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URLhttp://tipstuips.blogspot.com/2012/01/bisnis-online-bisnis-murah-yang-tidak.html. Terima kasih!
Diberdayakan oleh Blogger.