Senin, 06 Agustus 2012

3 Tips dan cara Mendapatkan Nilai 4 pada setiap mata kuliah

Ditulis oleh: Elien Becket
Kategori :

Tips dan Cara mendapatkan nilai 4 pada setiap mata kuliah – Nilai mata akhir pada mata kuliah berbeda dengan nilai yang diberikan saat masih SMA. Dimana pada mahasiswa mereka biasanya diberikan rentang nilai antar 1-4 pada setiap akhir mata kuliah sang dosen. Beberapa mahasiswa baru biasanya bingung dengan sistem pemberian nilai, pada saat melihat nilai hasil ujian akhir kok cuman dapat 4 atau 3 ? Padahal angka 4 itu adalah nilai tertinggi pencapaian mahasiswa.
Pada dasarnya ada 3 jenis mahasiswa mengenai nilai , yakni ada mahasiswa yang sangat mengejar nilai tinggi tanpa memikirkan kualitas ilmu di dalam dirinya , ada juga mahasiswa yang mengejar kualitas ilmunya tanpa peduli berapa pun nilai yang nantinya akan diberikan oleh dosen, dan yang ketiga ada juga mahasiswa yang mengejar kedua-duanya.
Hal yang dapat membuat stres mahasiswa biasanya adalah karena terkadang nilai tak sesuai dengan pekerjaan selama ini, biasanya mahasiswa sudah belajar mati-matian tetapi tetap dapat nilai rendah. Sebaliknya ada beberapa mahasiswa yang terlihat santai tetapi justru mendapatkan nilai yang tinggi. Sangat menyakitkan bukan? apa rahasianya? dalam hal ini dosen tidaklah salah, tetapi beberapa mahasiswa belum memahami bagaimana mendapatkan nilai yang bagus pada setiap mata kuliah. Sebagai mahasiswa yang telah lama yakni 3 tahun saya akan berikan tips mendapatkan nilai yang baik terutama buat mahasiswa baru.
ipk 4
ilustrasi : edukasi.kompasiana.com
Tips dan cara mendapatkan nilai 4 pada setiap mata kuliah
1. Rajin bertanya
Dosen menyukai mahasiswa yang rajin bertanya. Biasanya dosen memberikan nilai tambah pada mahasiswa yang rajin bertanya pada mata kuliah. Tentu saja bukan pertanyaan yang asal-asalan. Cobalah untuk bertanya dengan tujuan untuk mengetahui, bukan untuk menguji sang dosen. Selain menambah nilai buat kamu, mau juga bisa dikenal baik oleh dosen. Bisa berguna dikemudian hari.
2. Aktif berdiskusi
Aktivitas mahasiswa didominasi oleh diskusi pada setiap matakuliah. Sebisa mungkin kamu selalu aktif  ketika berdiskusi, tentunya untuk bisa aktif berdiskusi kamu harus rajin-rajin bertanya dan banyak membaca literatur mengenai bahan diskusi kamu.
3. Pahami materi ajar
Dosen biasanya hanya akan memberikan soal-soal ujian final dari apa saja yang pernah dijelaskannya. Oleh karena itu, pahamilah baik-baik setiap yang diajarkan oleh dosen sewaktu kuliah, jadi ketika ujian final tiba kamu tidak perlu lagi repot-repot membaca 1 sampai 2 buku, dan pada saat ujian tidak semua yang telah dibaca masuk di ujian akhir.
4. Pandai merangkai kata
Saat ujian telah tiba, cobalah menjawab setiap soal yang diujikan. Bila terdapat pertanyaan yang sifatnya argumen, maka sebaiknya kamu memberikan jawaban yang lumayan panjang tetapi tetap sesuai dengan inti pertanyaan. Biasanya ada beberapa dosen yang dengan melihat jawaban kamu yang panjang lebar langsung saja diberikan nilai tinggi.
100out of 100 based on 9899870 ratings. 1 user reviews.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Tips mahasiswa dengan judul 3 Tips dan cara Mendapatkan Nilai 4 pada setiap mata kuliah. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URLhttp://tipstuips.blogspot.com/2012/08/3-tips-dan-cara-mendapatkan-nilai-4.html. Terima kasih!
Diberdayakan oleh Blogger.