Kamis, 02 Agustus 2012

5 Tips menghadapi Ujian Meja

Ditulis oleh: Elien Becket
Kategori :

Tips menghadapi ujian mejaUjian meja adalah ujian akhir yang harus dilalui oleh seorang mahasiswa ketika akan mendapatkan gelar sarjana. Ujian meja mirip dengan ujian akhir nasional pada saat SMA, bedanya kalau ujian Akhir Nasional masih bisa dibantu oleh para guru sedangkan saat menghadapi ujian meja kita harus berhadapan sendiri-sendiri dihadapan penguji.

Bagaimana rasanya menghadapi ujian meja?
Alhamdulillah hari ini tanggal 3 Agustus 2012 saya telah menyelesaikan ujian meja saya. Beragam perasaan yang timbul saat sebelum ujian meja dan setelah menghadapi ujian meja, biasanya mahasiswa yang akan melaksanakan ujian meja akan kehilangan nafsu makan, tidak bisa tidur dan jantungnya selalu berdegup kencang. Hal hal tersebut alamiah selalu diarasakan oleh setiap mahasiswa, tetapi bisa jadi hal-hal tersebut yang bisa menjadi penghalang anda dalam menghadapi ujian meja. Sebagai mahasiswa yang sudah melalui hal-hal tersebut, menjadi kewajiban bagi saya untuk memberikan beberapa tips jitu menghadapi ujian meja, sehingga nilai hasil ujian kita bisa maksimal.
ujian meja
ilustrasi : agungjati.com
Tips menghadapi ujian meja
1. Berdoa
Berdoa adalah hal yang pertama kali kamu lakukan menjelang menghadapi ujian meja. Percayalah pada kekuatan do’a, jangan pernah menganggap berdo’a itu tidak berguna. Setelah itu lanjutkan dengan niat yang sungguh-sungguh dari dalam hati, katakan pada dirimu bahwa kamu bisa melalui semua ujian dengan sukses.
2. Giat belajar
Walaupun kamu telah menguasai seluruh isi skripsimu, tetaplah giat belajar, beberapa pengalaman dari saya dan teman-teman saya mengatakan bahwa sesempurnyanya skripsi menurut kita tetapi pada saat tiba di penguji ujian meja pasti terdapat kesalahan. Pandai-pandailah mencari kesalahan pada skripsi sendiri dan mencari jawaban serta alasan mengapa kamu menuliskan beberapa pernyataan di skripsi kamu.
3. Hilangkan  segala pengganggu konsentrasi
Berhentilah bermain-main dengan social media facebook dan twitter ketika akan menghadapi ujian meja, berhenti mengeluh dan curhat di dinding facebook, sesungguhnya itu tidak akan menyelesaikan segala kegundahan hatimu menghadapi ujian meja. Nanti setelah kamu melalui ujian meja barulah kamu bisa berbuat sesuak hatimu. Ingatlah bahwa nilai ujian meja sangat berpengaruh terhadap kenaikan nilai IPK kamu.
4. Jaga kesehatan
Menjaga kesehatan adalah hal terpenting yang harus kamu perhatikan, jangan sampai kesehatan kamu mengganggu jalannya ujian meja kamu nantinya. Saat hari-hari menjelang ujian meja biasanya orang akan kehilangan selera makannya karena gugup. Kurang makan dan istirahat tentunya dapat membuat kamu menjadi sakit
5. Hilangkan rasa gugup
Menjelang hari yang ditetapkan untuk ujian meja, rasa gugp dan deg-degan yang berlebihan pasti akan kamu alami. Hal yang mesti kamu lakukan adalah berusaha menghilangkan semua kegugupan kamu mulai dari pertama kali memasuki ruang sidang sampai selesai, silahkan baca tips menghilangkan rasa gugup yang telah saya tulis beberapa waktu lalu. Itulah beberapa tips menghadapi Ujian meja, selamat mencoba dan semoga berhasil menjadi sarjana yang berguna bagi nusa dan bangsa
100out of 100 based on 9899870 ratings. 1 user reviews.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Tips mahasiswa dengan judul 5 Tips menghadapi Ujian Meja. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URLhttp://tipstuips.blogspot.com/2012/08/5-tips-menghadapi-ujian-meja.html. Terima kasih!
Diberdayakan oleh Blogger.