Rabu, 28 November 2012

Cara sukses presentasi Makalah bagi mahasiswa

Ditulis oleh: Elien Becket
Kategori :

Cara sukses - Bagi mahasiswa presentase makalah adalah makanan sehari - hari dan menjadi menu wajib untuk di hadapi setiap mahasiswa. Tujuannya tidak lain untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk memberikan pendapat di hadapan umum. Namun kebanyakan mahasiswa semester awal - awal biasanya gugup dan kaku dalam presentase. Hasilnya presentase mereka tidak memuaskan bagi audience dan bagi mereka sendiri. Sebelumnya kami telah menulis tentang cara membuat makalah . Kali ini kami akan memberikan cara sukses presentase kepada para mahasiswa, mengingat saya juga merupakan mantan mahasiswa yang telah melewati masa - masa seperti itu.

 presentasi

Ilustrasi : prasetya.ub.ac.id

Cara sukses

1. Kuasai Materi Presentasi

Menguasai dengan jelas semua materi yang akan dipresentasekan adalah modal yang paling utama dalam suksesnya sebuah presentasi. Hal ini menjadi penting agar anda dapat leuasa mengeluarkan kata - kata bahkan tanpa menggunakan slidepun juga bisa. Jangan berharap presentase anda akan bagus bila anda tidak menguasai bahan presentasi anda. Anda akan terbata - bata dalam berbicara, terlebih lagi ketika menjawab pertanyaan dari audience.

 

2. Buat kondisi tubuh menjadi rileks.

Kunci sukses utama presentasi orang - orang hebat di dunia adalah karena mereka mampu membuat dirinya tetap tenang dan rileks saat presentase . Hal ini menjadi penting sehingga anda tidak akan salah tingkah saat berbicara, Sebelumnya kami telah menuliskan tentang cara menghilangkan gugup.

 

3. Intonasi dan nada suara yang baik

Intonasi dan nada suara yang baik dapat berguna untuk mengendalikan situasi ruangan tempat presentasi, dan juga meninggikan semangat dalam presentasi sesuatu. Usahakan membuat intonasi suara yang jelas dan tidak terburu - buru agar audience dapat mendengar dengan baik apa yang kita katakan.

 

4. Latihan yang rutin

Orang sukses tidaklah didapat dalam sekejap, melainkan perlu latihan berulang - ulang kali . Orang - orang besar saja ketika akan presentasi tetap saja latihan terlebih dahulu. Sehingga ketika presentasi menjadi lancar. Bagi mahasiswa untuk berlatih agar cara presentasinya menjadi baik dapat dilakukan dengan memasuki berbagai organiasasi intra kampus atau ekstra kampus.

 

5. Terus belajar

Orang pintar bukan yang malas belajar , melainkan yang rajin belajar dan terus belajar. jadi untuk bisa mendapatkan presentasi yang bagus maka sering-seringlah belajar dan melihat orang lain dalam presentasi. Pelajari cara mereka memulai presentasi terutama yang bagus dan dapat membuat anda terdiam dan khusuk mendengarkannya sedang presentasi.

Itulah 5 cara sukses presentasi buat mahasiswa. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Baca juga cara berbisnis online

100out of 100 based on 9899870 ratings. 1 user reviews.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Tips mahasiswa dengan judul Cara sukses presentasi Makalah bagi mahasiswa. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URLhttp://tipstuips.blogspot.com/2012/11/cara-sukses-presentasi-makalah-bagi.html. Terima kasih!
Diberdayakan oleh Blogger.