Jumat, 29 April 2011

6 Cara Mencuci Baju Batik

Ditulis oleh: Elien Becket
Kategori :








Baju Batik - Kesadaran akan berbatik yg semakin berkembang di masyarakat, membuat batik tak hanya sekedar dijadikan sebagai pakaian formal saja. Saat ini masyarakat Indonsesia lebih sadar dan bangga untuk mengenakan batik di momen-momen santai.

Oleh sebab itu perawatan batik dan baju batik yg tepat juga wajib untuk diketahui. Hal ini untuk menjadikan baju batik tetap memancarkan warna aslinya.

Edward Hutabarat, desainer yg cinta akan baju batik ini, menjelaskan beberapa tips tentang perawatan batik, saat ditemui di Museum Nasional, pekan lalu.

·         Mencuci batik dan baju batik lebih baik menggunakan air hangat.

·         Gunakan deterjen khusus untuk mencuci batik.

·         Siapkan empat ember. Setelah dimasukkan dalam ember pertama yg berisi deterjen, kemudian celupkan batik ke ember ke dua, lalu ember ke tiga dan ember ke empat. Hal ini dimaksudkan agar sisa deterjen tidak menempel pada batik.

·         Hindari untuk memeras batik. Sebaiknya keringkan batik dgn cara menepuk-nepuk batik dgn handuk.

·         Gunakan pipa paralon saat menggantung batik ketika dijemur. Hal ini untuk menghindari batik tertekuk atau adanya bekas lipatan yg biasanya sering terjadi bila menjemur menggunakan pipa kecil atau tali.

·         Sebaiknya jangan jemur batik di bawah sinar matahari karena dapat mengubah warna batik.



Sumber: wolipop.com

Temukan Info Lain Seputar Baju Batik
100out of 100 based on 9899870 ratings. 1 user reviews.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul 6 Cara Mencuci Baju Batik. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URLhttp://tipstuips.blogspot.com/2011/04/6-cara-mencuci-baju-batik.html. Terima kasih!
Diberdayakan oleh Blogger.