Rabu, 27 April 2011

Tanda-tanda Kerusakan Untuk TV SHARP

Ditulis oleh: Elien Becket
Kategori :




Reparasi Elektronik - Tutorial kali ini membahas bagaimana menghadapi masalah /problem pada TV sharp secara lebih cepat dan menghemat waktu.

Berikut Ulasannya:

Setiap kali anda mendapat tv sharp untuk di reparasi elektronik. Pertama anda harus bersihkan dulu mainboardnya dgn sikat atau kuas yg dipotong sekitar 2cm,untuk melihat dan memastikan adanya titik solder yg tidak baik,karena titik solder yg kendur akan tergerak dan dapat anda lihat dgn jelas. Gunakan cairan thinner high untuk membersihkan kotor atau noda pada mainboard.
Setelah bersih,periksa semua titik solder di bagian : Vertikal-Regulator/power supply-Flyback.blok ini adalah yg paling sering terjadi kerusakan titik solder karena panas yg ditimbulkannya.terutama periksa solderan pada bagian kaki IC vertikal dan resistornya.Hati-hati dalam proses pengerjaan ,karena bagian ini sensitive.

Ganti IC vertikal jika memang anda yakin rusak atau juga di tandai dgn berubahnya warna resistor vertikal.kerjakan dgn teliti.

Coba nyalakan pesawat TV dan perhatikan,jika masih tidak mau start secara normal ,ikuti langkah berikut ini:

Jika nyala led berwarna merah ke hijau dan berhenti menjadi kuning,kerusakan terjadi pada IC memory (24c04-24c16),ganti dgn yg baru.Setting kembali parameter di dalam servis menu.

Jika led berwarna merah terus mati,kerusakan terjadi pada IC utama ( TDA 938psxxx ) atau kehilangan tegangan 3.3volt pada regulator,cek bagian power supply.

Jika berwarna hijau atau merah berkedip-kedip,ada kesalahan dalam IC memory,anda dapat mereset ulang IC ini atau menggantinya.

Jika led berwarna hijau selama 5-10 detik dan kembali merah,ada kegagalan pada bagian horisontal,periksa flyback ( cabut dan ukur dgn multimeter skala 10k pada kaki ground dan kaki yg menuju kolektor TR.output horisontal,jika bergerak meskipun sedikit berarti flyback sudah short.Juga periksa tegangan 180V untuk blok RGB,biasa terjadi kerusakan pada resistor pembatasnya .
Jika led tidak menyala sama sekali ,periksa bagian input power supply,cek STR 6553/6554.ganti jika rusak dan jangan lupa periksa resistor pembatasnya (6.8/10watt).


Sumber: yudhkbpe.co.cc

Temuukan Info Lain Seputar Reparasi Elektronik
100out of 100 based on 9899870 ratings. 1 user reviews.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul Tanda-tanda Kerusakan Untuk TV SHARP. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URLhttp://tipstuips.blogspot.com/2011/04/tanda-tanda-kerusakan-untuk-tv-sharp.html. Terima kasih!
Diberdayakan oleh Blogger.