Kamis, 28 April 2011

Apa Saja Methode Pengobatan Kutil

Ditulis oleh: Elien Becket
Kategori :





Obat Kutil - Ada banyak cara utk mengatasi kutil meski tidak satupun yg efektifitasnya mencapai 50 persen. Utk jenis kutil umum (verruca vulgaris), cara paling ampuh adalah pembekuan dgn nitrogen cair.

Cara ini lebih ampuh dibandingkan dgn pemberian asam salisilat dalam bentuk salep maupun plester. Padahal asam salisilat lebih sering digunakan utk mengobati kutil karena praktis dan lebih ekonomis.

Sebuah penelitian di Leiden University mencoba membandingkan kedua metode itu pada 240 orang penderita kutil yg berusia 4 hingga 79 tahun. Dari jumlah tersebut, jenis kutil umum diderita oleh 116 orang sedangkan jenis kutil plantar (verruca plantaris) diderita oleh 124 orang.

Dalam pengamatan selama 13 pekan, kedua metode itu memberikan tingkat kesembuhan yg hampir sama pada jenis kutil plantar. Namun pada jenis kutil umum, perbedaannya cukup signifikan.

Asam salisilat yg sering dipakai utk mengobati kutil umum mampu memberikan tingkat kesembuhan sebesar 15 persen pada jenis kutil tersebut. Sedangkan pembekuan dgn nitrogen cair, tingkat kesembuhannya jauh lebih tinggi yakni 49 persen.

Dikutip dari Healthday, kutil merupakan pertumbuhan kulit yg tidak normal yg disebabkan oleh virus. Penyakit ini cukup banyak ditemukan dan menyerang sedikitnya 30 persen anak usia sekolah.

Metode utk menghilangkan kedua jenis kutil ini ada berbagai macam, mulai dari bermacam obat kutil hingga laser maupun listrik. Namun pengobatan dgn asam salisilat dan pembekuan dgn nitrogen cair merupakan 2 metode yg paling umum digunakan.

Meski praktis dan ekonomis, pengobatan dgn asam salisilat seringkali kurang efektif. Karena harus diguanakan secara rutin, kadang-kadang pasien tidak mematuhi aturan pakai sehingga tidak bisa mencapai target terapi yg diharapkan.

Demikian juga pada pembekuan dgn nitrogen cair, efektivitas yg lebih tinggi bukan berarti bebas dari kekurangan. Selain biayanya lebih mahal, dan menyebabkan efek samping seperti luka dan melepuh.

Sumber: detik.com

Temukan Info Lain Seputar Obat Kutil
100out of 100 based on 9899870 ratings. 1 user reviews.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul Apa Saja Methode Pengobatan Kutil. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URLhttp://tipstuips.blogspot.com/2011/04/apa-saja-methode-pengobatan-kutil.html. Terima kasih!
Diberdayakan oleh Blogger.